Apakah mungkin kita bisa memprogram atau menentukan sendiri isinya mimpi kita? Bisa! Kita bermimpi tetapi dalam keadaan sadar, sehingga dengan mana, kita dapat menentukan atau memprogram sendiri jalannya mimpi tersebut. Mimpi seperti ini lebih dikenal dengan sebutan “Lucid Dreaming”. Kata lucid itu sendiri diserap dari bahasa Latin Lux = cahaya dan dalam bahasa Jerman = Klartraum. Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “mimpi cerah”.

Lucid Mimpi ini sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang baru, didalam Kitab PL sudah tercantum adanya lucid mimpi Kidung Agung 5:2 “Aku tidur, tetapi hatiku bangun…” Orang Tibet sudah dari sejak dahulu mempraktekan lucid mimpi dalam Yoga Mimpi mereka. Di tahun 1867, Marquis d’Hervey de Saint-Denys telah menerbitkan bukunya yang berjudul “Dreams and how to Guide Them” metoda bagaimana kita bisa melakukan lucid mimpi.

Apa manfaatnya dari lucid mimpi? Dengan adanya kemungkinan lucid mimpi, kita bisa merubah mimpi buruk kita menjadi mimpi yang indah. Daripada mimpi ketemu sundel bolong lebih baik mimpi ketemu dengan Jennifer Lopez. Apakah Anda tidak ingin untuk bisa bertemu dengan orang yang Anda kasihi, entah itu istri, suami, pacar, sahabat Anda maupun orang tua Anda. Di dalam mimpi bisa saja kita bertemu dengan orang tua yang berada di tempat jauh, bahkan mungkin juga yang sudah berada di alam baka sekalipun; sebab di dalam mimpi semuanya bisa terjadi. Dalam mimpi tidak ada batasan ruangan, waktu maupun kemampuan. Dalam kenyataan hidup kita tidak bisa terbang, tetapi dalam mimpi kita bisa terbang.

Lucid mimpi juga bisa dimanfaatkan untuk belajar. Apabila kita belajar naik sepeda atau main skateboard kemungkinan kita jatuh, pasti besar sekali, maka dari itu kenapa kita tidak latihan dan belajar terlebih dahulu di dalam mimpi? Sehingga pada saat kita bangun kita bisa menjadi lebih Pe-De dan lebih yakin lagi akan kemampuan kita.

Begitu juga dengan problem atau masalah yang sedang kita hadapi. Masalah tersebut bisa kita bawa ke dalam mimpi, siapa tahu di dalam mimpi kita bisa menemukan solusinya. Hal ini banyak sekali dilakukan oleh para ilmuwan maupun seniman. Lucid mimpi bisa juga digunakan sebagai terapi. Apabila seorang kecanduan alkohol maka sebaiknya ia tidak minum whiskey atau bir lagi, tetapi di dalam mimpi ia bisa tetap minum. Hal ini dapat meringankan penderitaan mereka.

Begitu juga untuk menghilangkan phobie atau rasa takut. Apabila seorang merasa takut untuk naik pesawat, ia bisa mulai belajar naik pesawat di dalam mimpinya terlebih dahulu, sehingga dengan demikian tahap demi tahap, ia bisa menghilangkan rasa takutnya. Bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan lucid mimpi ini; agar kita bisa memprogram atau menentukan jalanya mimpi kita?

Tahap Pertama:
Belajar mengingat dan mencatat buku harian dari isinya mimpi. Apabila Anda bangun tidur usahakan untuk tetap berbaring beberapa menit lebih lama dan mengingat hal apa saja yang ada impikan sebelumnya. Setelah itu dicatat di dalam buku harian mimpi Anda.

Tahap Kedua:
Sebelumnya tidur usahakan untuk mengingat hal-hal apa saja yang ingin Anda lakukan di dalam mimpi Anda. Umpamanya saya ingin bertemu dengan seseorang yang sudah tiada, maka sebaiknya sebelumnya saya tidur mengingat kembali masa-masa yang indah dengan orang tersebut ataupun mengingat masa kecil saya.

Tahap Ketiga:
Menggunakan metoda Wake-Back-To-Bed (WBTB) atau bangun sejenak dan segera langsung tidur kembali. Pasang jam beker agar Anda bisa bangun tiga jam lebih awal. Pada saat Anda bangun langsung usahakan untuk mengingat kembali hal seperti yang tercantum diatas (Tahap Kedua). Setelah itu coba untuk tidur kembali.

Sumber

Cara Mengatur Mimpi (Lucid Dream) Responses