Seperti anggapan orang banyak bahwa orientasi sukses cenderung berhubungan dengan karier dan sangat susah untuk diraih sehingga tidak sedikit pengorbanan yang dibutuhkan untuk dapat memetiknya. Padahal keberhasilan tidak hanya mencakup bidang itu saja tetapi segala bidang baik itu yang berhubungan dengan kehidupan pribadi seperti keluarga, pendidikan, kesehatan (melawan penyakit), ataupun kehidupan dalam bermasyarakat seperti membangun peradaban yang baru, memajukan negara, dan sebagainya. Walaupun keberhasilan tidak mudah diraih, tetapi Anda jangan berkecil hati dan bersikap pesimis, karena keberhasilan bukan merupakan suatu hal yang tidak dapat diraih melainkan hanya dibutuhkan waktu untuk dapat mencapainya. Apabila strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut tepat pada sasaran atau sesuai dengan permasalahannya yang ada saat itu, maka keberhasilan akan dapat diraih dengan mudah dan cepat. Lain halnya bila strategi yang digunakannya itu tidak sesuai dan terkesan tidak cocok, maka keberhasilan akan sulit diraih bahkan tidak akan dapat diraih.

Oleh karena itu perlu kiranya mempersiapkan diri dan pikiran Anda menuju ke arah yang maju dan sukses. Meskipun pada dasarnya Anda tidak mengetahui kapan dan bagaimana keberhasilan tersebut akan datang. Dan jangan pernah berpikir kalau Anda tidak akan dapat meraih sukses atau bahkan berpikir bahwa sukses hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang mempunyai materi yang lebih. Tetapi coba berpikir bahwa segala sesuatu dapat diraih termasuk keberhasilan apabila ada kemauan yang besar dalam diri serta mau mewujudkannya.

Langkah pertama untuk dapat mencapai keberhasilan yaitu dengan cara mengubah pola pikir yang pesimis menjadi pola pikir optimis yang mengarah kepada keberhasilan, dan bayangkan diri seolah-olah berada pada keberhasilan. Cara membentuk pikiran ini sangat penting mengingat semua yang dilakukan berdasarkan pada kemampuan jalan pikirannya. Seperti yang telah dijelaskan pada sub bab terdahulu bahwa otak manusia yang tersusun dari berjuta-juta sel dan memiliki kekuatan yang tak terbatas sangat tidak mungkin jika tidak dapat mencapai kecerdasan dalam mengembangkan diri. Oleh karena itu apapun yang Anda bayangkan saat itu baik keberhasilan ataupun kegagalan pasti akan bisa terjadi. Semua gerakan akan memotivasi seseorang untuk mewujudkannya.

Adanya imajinasi yang kreatif akan membantu seseorang untuk mencapai apa yang menjadi keinginan yaitu keberhasilan yang pasti. Dengan demikian akan mempermudahnya untuk mengapresiasikan diri ke arah yang lebih baik dan maju. Sebagai contoh: pada saat Anda akan diwawancarai dan dites untuk penerimaan karyawan di mana segala sesuatunya sudah dipersiapkan baik itu diri ataupun pikiran, maka akan sangat mudah melewatinya. Walaupun pada dasarnya tidak mengetahui apa yang akan ditanyakan nanti dan bagaimana proses dari wawancara tersebut.

Berbeda halnya jika Anda menghadapi wawancara dan tes tersebut dengan perasaan yang tidak menentu, dalam artian tidak mempunyai persiapan diri dan pola pikirnya tidak ke arah keberhasilan dalam menghadapi wawancara, maka dapat dipastikan bahwa kegagalan yang akan didapatkan. Karena yang ada dalam pikiran Anda hanyalah gagal dan kegagalan terus.

Contoh di atas sangat jelas sekali bahwa segala sesuatu dapat diraih termasuk keberhasilan apabila telah mempersiapkan pikiran ke arah sukses yang lebih jelas dan terarah. Walaupun dalam kenyataannya sering ditemui kendala-kendala atau hambatan-hambatan yang membuat diri merasa goyah. Akan tetapi dengan semangat yang tinggi, kemauan untuk bekerja, selalu berdoa, serta adanya keyakinan yang kuat, semuanya akan dapat dilewati dengan mudah sehingga akan menimbulkan kesan bahwa semua itu hanyalah sebagai cobaan dalam menguji pendirian dan langkah Anda untuk maju mencapai apa yang telah menjadi tujuan sebelumnya.

Apabila dalam kenyataannya tetap saja tidak dapat menahan segala kendala atau hambatan yang datang sehingga mengalami kegagalan, maka jangan pernah sekalipun berputus asa dan tetap terus mencobanya sampai akhirnya keyakinan untuk mencapai tujuan tersebut dapat tercapai. Seperti halnya yang dikatakan oleh pepatah bahwa kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda. Pernyataan ini mengandung makna bahwa setiap kegagalan yang dialami merupakan suatu hal yang dapat diambil pelajarannya. Dari pelajaran itulah Anda dapat memperbaiki diri dan langkah Anda ke arah yang lebih baik lagi. Jadi hindari segala bentuk pemikiran yang menuju ke arah kegagalan karena itu akan mempengaruhi langkah Anda.

Setelah Anda membentuk pola pikir ke arah yang lebih maju, langkah selanjutnya yaitu melakukan semua yang menjadi inspirasi. Awali aktivitas dengan perasaan yang tenang dan yakinlah bahwa segala sesuatunya dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Jangan pernah sekalipun Anda bergantung atau berharap pada seseorang karena itu semua hanya akan membuat kekecewaan. Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa “Jika Anda sudah menggantungkan harapan kepada orang lain, maka bersiap-siaplah untuk kecewa”. Pernyataan tersebut sangat tepat untuk Anda yang ingin melangkah maju ke arah yang lebih baik serta mematangkan kedewasaan. Cobalah untuk bersikap mandiri, walaupun pada dasarnya hasil yang diperoleh tidak maksimal dan tidak sesuai dengan keinginan Anda pada awalnya, tetapi itu merupakan hasil yang terbaik, karena merupakan jerih payah dan usaha sendiri.

Mengerjakan segala sesuatu dengan sendiri apalagi bagi orang baru seperti Anda untuk melangkah maju ke arah keberhasilan memang suatu hal yang sulit. Karena yang ada dalam pikiran hanyalah ketakutan membayangkan apa yang akan terjadi nanti, sesuatu yang baik atau buruk, dan tindakan seperti apa yang harus dilakukan, serta bagaimana reaksinya terhadap perkembangan mental. Semua pemikiran itu hanya akan terjadi jika Anda jauh dari Tuhan. Sesungguhnya apa yang dikerjakan, dipikirkan, dan segala sesuatu mengenai kehidupan Anda, Tuhan mengetahui dan mengaturnya.

Jika menurut seseorang dalam mengerjakan segala sesuatunya hanya sendiri, tetapi dalam kenyataannya bukan berarti benar-benar sendiri karena Tuhan selalu ada bersama manusia. Apabila seseorang mempunyai niat yang baik serta keinginan yang kuat untuk melangkah maju ke arah yang lebih baik, maka Tuhan akan membimbingnya untuk mencapai harapan itu.

Seperti contoh: pada saat Anda sudah memperhitungkan segala sesuatu untuk memantapkan langkah dan pikiran menuju keberhasilan, tetapi secara realisasinya kendala-kendala dan hambatan-hambatan yang diterima ternyata lebih besar daripada bayangan Anda. Situasi ini dapat membuat Anda merasa pesimis dan mungkin saja mundur dari niat yang telah ditanamkan sejak awal. Di sinilah pertolongan Tuhan sangat berperan demi kelangsungan perjuangan Anda mempertahankan segala keinginan untuk meraih keberhasilan. Itulah yang biasanya dikatakan oleh orang banyak sebagai suatu mukjizat dari Tuhan.

Apabila Anda sudah dapat mengerjakan segala sesuatu dengan sendiri, maka Anda akan terlatih untuk lebih kreatif dan dinamis dalam mengerjakan segala hal. Karena dengan cara seperti itu, Anda akan mengetahui kapasitas dari kemampuan otak dan berpikir Anda, sehingga akan dapat mengoreksi diri sendiri. Ilmu yang paling berharga adalah ilmu yang berasal dari kesalahan diri sendiri, ini dikarenakan sudah terbukti letak kesalahan dan masalahnya serta bagaimana cara mengatasinya. Dengan demikian Anda tidak akan pernah melupakannya dan menjadikan semua ini sebagai suatu pengalaman yang paling berharga dalam hidup.

Sumber

Cara Mengendalikan Pikiran Diri Sendiri Responses