Jengkel bukan, jika pada saat bekerja dengan komputer lalu tiba-tiba komputer restart sendiri? Lebih jengkel lagi jika file kerjaan belum tersimpan. Jika Anda mengetik mengggunakan program yang tersedia fitur autosave seperti ms.word mungkin tidak terlalu bermasalah terhadap file yang Anda kerjaan. Tapi jika restart pada komputer terjadi terus menerus, kerusakan justru akan timbul pada hardware lainya pada komputer Anda. Berikut adalah beberapa penyebab komputer sering restart sendiri :

Komputer Terlalu Panas Didalam
Musuh utama dari sebuah komputer adalah panas, kalimat itu menjadi patokan dalam troubleshoting komputer. Karena hal inilah yang kemungkinan besar menyebabkan PC Anda tiba-tiba restart sendiri. CPU terlalu panas dapat dikarenakan karena kipas dalam CPU tidak mau berputar atau perputaranya tidak normal. Coba lihat CPU temperatur di BIOS yang biasanya ada dalam “PC Health Status”. Temperatur sebesar 35C – 40C adalah normal. 40C – 47C berarti mulai memanas. 47C – 50C panas dan Anda harus mengistirahatkan PC Anda untuk cooling down. Kalau perlu periksa juga kipas pada CPU. Dan yang pasti, jangan sampai CPU Anda mendekati atau bahkan temperaturnya mencapai 79 derajat celsius. Pastikan CPU Anda selalu ada dalam temperatur 35C – 40C.

Solusi: Jika CPU Anda sudah terlanjur panas, perlu bongkar CPUnya. Caranya, buka casing CPU dan nyalakan komputer sesaat. Coba perhatikan semua kipasnya yang ada (terutama kipas processor). Apakah putarannya normal? Cepat atau lambat? Atau malah tidak jalan sama sekali? Jika ada yang putarannya lambat, Anda harus periksa kipas tersebut. Coba Anda putar-putar kipas tersebut (PC dalam keadaan mati tentunya). Jika terasa berat, cabut kipas tersebut dan semprot dengan 4WD lalu putar-putar sampai kotorannya keluar dan putarannya lancar kembali.

Kerusakan Memory
Suhu komputer Anda normal tapi tetap suka restart sendiri? Kemungkinan kedua adalah kerusakan pada memory atau bad RAM.

Solusi: Segera ambil memori tersebut dari motherboard kemudian coba bersihkan memori dengan tisu atau atau kain yang bersih. Setelah dibersihkan pasang kembali pada slotnya. Apabila setelah dipasang, masih keluar bunyi beep, memorinya harus diganti dengan yang baru.

Virus
Virus bisa juga menjadi penyebab komputer restart sendiri.

Solusi: Coba scan komputer anda dengan menggunakan anti virus, tentunya yang sudah terupdate.

Kerusakan Power Suplay
Kejadian menjengkelkan tersebut juga bisa disebabkan karena power supply CPU Anda sudah lemah dan harus diganti. Tandanya: komputer selalu nge-restart dalam interval yang tidak pasti. Kadang baru di pakai sudah nge-restart, tapi kadang udah lama dipakai baru nge-restart.

Solusi: Beli Power Suplay baru yang sesuai dengan cassing yang Anda gunakan. Atau bawa saja power suplay Anda yang rusak, sebagai sample di toko komputer.

Sebetulnya, kejadian komputer restart sendiri ini di karenakan system Windows-lah yang melakukan restart secara tiba-tiba tanpa memberi tahu Anda. Hal ini dilakukannya untuk menghindari kerusakan pada komputer. Begitu ada yang tidak beres dengan komputer Anda, Windows akan langsung nge-restart.

Kalau Anda tidak ingin Windows me-restart komputer jika ada masalah karena Anda akan melakukannya secara manual, lakukan langkah berikut:

  1. Klik kanan icon “My Computer”
  2. Pilih tab “Advanced”
  3. Klik Setting pada bagian “Startup and Recovery”
  4. Uncheck Automatically Restart
  5. Tekan “OK”

Sumber

Komputer Tiba-Tiba Restart Sendiri Responses