Suatu saat Anda mendapati Harddisk Anda tidak terdeteksi oleh BIOS, padahal Anda tidak mengubah kedudukan harddisk, Anda tidak mencopot atau mengubah posisi kabel IDE dan kabel power yang terpasang pada harddisk. Bahkan Anda tidak membuka casing PC Anda untuk mengotak-atik komponen yang terpasang.

Perlu diketahui, kerusakan pada harddisk terjadi tidak harus melalui benturan keras atau kontak langsung dengan komponen yang membuat kerusakan fisik pada harddisk. Berikut beberapa penyebab kerusakan harddisk:

Musuh Utama Komputer Adalah PANAS
Faktor suhu sering kali ditemui pada PC yang sirkulasi udara didalam casing CPU kurang bagus, ini akan berakibat buruk pada umur dari komponen dari komputer Anda. Harddisk adalah salah satu komponen yang sangat sensitive terhadap suhu yang extreme. Jika panas harddisk sangat tinggi, pembacaan data pada harddisk akan kacau. Jika ini berlangsung lama, umur harddisk akan menjadi pendek.

Untuk mengurangi resiko kerusakan pada harddisk karena perbedaan suhu, tindakan yang dapat anda lakukan adalah:

  • Jangan menutup lubang udara yang terdapat pada casing CPU. Anda dapat menambahkan Fan Cassing, atur sirkulasi udara didalam casing CPU dengan benar.
  • Anda dapat memasang Fan Harddisk yang dengan mudah dapat anda cari di toko komputer.

Guncangan Ketika Harddisk On
Ketika harddisk dalam keadaan off, goncangan pada harddisk akan berakibat pada kerusakan fisik, kita dapat mengurangi resiko dengan membungkus harddisk dengan kain atau spon yang lembut dan tebal.

Jika guncangan terjadi saat harddisk dalam keadaan On atau ketika harddisk bekerja, kerusakan akan berakibat sangat fatal. Guncangan tersebut membuat head harddisk bagian-bagian magnetic disk. Padahal, disk tersebut berputar sangat cepat. Akibatnya, jalur pada FAT atau directory akan rusak. Kenapa jalur pada FAT atau directory yang rusak? Karena keduanya merupakan bagian rawan yang sangat peka terhadap gunjangan.

Komponen Harddisk Rusak
Walaupun kekuatan komponen-komponen pada harddisk sangat tergantung pada kulitas pabrikan, tetapi cara penggunaan atau pemakaian harddisk merupakan hal yang paling berpengaruh pada umur komponen-komponen harddisk. Misalnya, pada saat memakai harddisk kita tidak melakukan procedure parkir sebelum mematikan PC, sehingga posisi head berada di posisi sembarang. Jika head berhenti dan menyentuh permukaan disk tempat data atau system disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.

Sekali lagi, musuh utama pada komputer adalah panas, penggunaan harddisk secara terus menerus akan menimbulkan panas yang berlebihan pada harddisk itu sendiri, sehingga komponen-komponen yang terdapat pada harddisk akan lebih cepat rusak. Jadi, gunakan prosedur penggunaan PC dengan benar agar PC Anda beserta komponen yang terpasang akan dapat digunakan lebih lama.

Sumber

Penyebab Kerusakan Pada Harddisk Responses