Paper jam, kasus ini dapat dikenali dengan adanya kertas yang tersangkut di dalam printer. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi tengah diburu waktu.

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya paper jam, diantaranya :

  • Kertas yang terlampau banyak pada paper tray merupakan penyebab utama terjadinya paper jammed, oleh karenanya setiap pengguna printer sebaiknya tidak memasukan kertas ke dalam paper tray sampai penuh, seperlunya saja. Pastikan juga sebelum memasukkan kertas ke dalam paper tray.
  • Kertas tersebut tidak menempel satu sama lain, hal ini biasanya terjadi saat kertas baru dibuka dari kemasan atau terlipat karena ini juga menyebabkan kertas tersangkut.
  • Tidak semua kertas bisa digunakan pada printer, misalnya saja kertas yang terlampau tebal hanya bisa ditangani oleh merk dan jenis printer tertentu. Oleh karenanya baca dengan seksama buku manual printer dan cari tahu kertas jenis apa saja yang bisa digunakan pada printer tersebut.
  • Kebersihan printer juga menjadi pemicu paper jam. Untuk itu, khusus untuk printer inkjet, setelah semua disambungan ke printer dilepas perlahan bukalah printer dan bersihkan bagian dalamnya. Cermati roda maupun gir yang ada didalamnya dan coba bersihkan dengan menggunakan kain lembut dan blower, atau bila perlu alkohol juga bisa digunakan untuk lebih menjamin kebersihan printer. Jika ragu saat hendak melakukan langkah ini, sebaiknya ajak rekan yang lebih mengerti, jangan sampai niat baik malah burujung pada kerusakan yang lebih parah pada printer.

Anda dapat berkonsultasi dengan teknisi printer kepercayaan Anda untuk lebih mengetahui masalah Paper Jam ini.

Sumber

Penyebab Terjadinya Paper Jammed Responses