Kinerja komputer lambat, tapi budget kurang mencukupi untuk membeli Motherboard dan processor baru yang lebih mendukung untuk kinerja komputer lebih cepat. Tapi ada cara untuk mengatasi kecepatan PC lambat tanpa mengganti komponen mahal seperti Motherboar dan processor. Jika Anda ingin mempercepat komputer Anda dengan cara mudah dan biaya efektif, cukup menambahkan modul RAM.

RAM atau Random Access Memory adalah penyimpan data sementara, dimana komputer Anda menyimpan file yang diperlukan untuk tetap menjalankan program yang sedang dijalankan. Dengan RAM yang besar, komputer dapat menyimpan lebih banyak file dan mengelola banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan.

Jika komputer Anda kehabisan RAM, akan memanfaatkan sebagian dari ruang harddisk drive untuk menyimpan data sementara. Disinilah timbul masalah kecepatan, ketika ada pertukaran data antara hard drive dan RAM. Tidak seperti dalam RAM, komputer sayangnya tidak memiliki akses berkecepatan tinggi untuk data yang tersimpan dalam hard drive.

Jika Anda menjalankan program 700MB hanya dengan RAM 512MB, komputer Anda akan panik memindahkan data bolak-balik antara hard drive dan RAM. Meskipun komputer Anda bekerja dua kali lebih keras, akan tampak lamban dan tidak responsif karena hard drive kecepatan data transfer cenderung kurang maksimal. Jika proses transfer data antara Hard drive ke RAM yang kurang maksimal ini berlanjut dalam jangka panjang, tentunya akan melemahkan komputer Anda dan menyebabkan sistem crash.

Untuk menikmati waktu respons lebih cepat dengan komputer Anda, meningkatkan ukuran RAM atau upgrade. Untuk pengguna komputer rata-rata, 1GB RAM cukup baik. Untuk gamers dan bagi Anda yang berkecimpung di dunia desain grafis, tentunya membutuhkan RAM dengan kapasitas lebih besar lagi.

Sumber

Percepat Kinerja Komputer dengan Menambahkan RAM Responses