Ketika Anda hendak menggunakan printer, ternyata printer tidak terdeteksi. Dan ada keterangan bahwa ”printer tidak ada”, padahal printer sudah terhubung dengan benar ke PC Anda. Pada beberapa saat sebelum terjadi masalah, printer dapat bekerja dengan normal dan dapat digunakan.

Ada beberapa penyebab printer tidak terdeteksi oleh program Windows, salah satunya adalah printer tersambung secara serial dengan perangkat lain contoh disini scanner. Sebenarnya metode tersebut diperbolehkan, karena memang perangkat tersebut support untuk saling tersambung / terhubung. Tetapi pada beberapa kondisi, saling terhubungnya perangkat tersebut dapat menimbulkan masalah. Misalnya ketika Anda ingin melakukan proses scanner gambar pada saat komputer sedang melakukan proses printing atau mencetak. Aktivitas seperti ini dapat mengganggu koneksi antar perangkat yang tersambung tersebut.

Untuk meyelesaikan kasus seperti ini, coba matikan komputer dan perangkat-perangkat tersebut. Kemudian menghidupkan kembali komputer Anda. Selanjutnya hidupkan perangkat-perangkat tadi satu persatu.

Cara tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan posisi printer pada posisi awal / semula. Sehingga perangkat-perangkat yang tadinya mengalami crash pada saat digunakan bersamaan akan kembali ke posisi awal (tidak melakukan perkerjaan).

Sumber

Printer Tidak Terdeteksi Oleh Program Responses