System Operasi DOS diperkenalkan di awal tahun delapan puluhan dan sangat popular. Bahkan menurut beberapa sumber, tidak ada yang dapat mengalahkan kepopuleran System Operasi DOS di tahun tersebut. System Operasi DOS merupakan System Operasi yang berbasis teks, jadi tidak mendukung untuk penampilan grafis tingkat tinggi.

Kepopuleran System Operasi banyak dipengaruhi dari segi financialnya. Selain itu, System Operasi DOS dapat digunakan pada komputer yang mempunyai spesifikasi rendah dan dapat dijangkau oleh semua pengguna PC. Penggunaan System Operasi DOS dapat dijalankan melalui harddisk yang berkapasitas kecil atau bahkan dapat diletakkan pada sebuah floppy disk.

System Operasi DOS tidak dapat melakukan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Pada satu waktu, DOS hanya bisa menjalankan satu program saja. Sifat yang dimiliki System Operasi DOS ini disebut Single Tasking. Contohnya pada saat kita menggunakan program Word Star untuk pengetikan, kita tidak bisa mengaktifkan program lain seperti lotus jika ingin membuat table. Sifat lain dari System Operasi DOS adalah single user, ini berarti DOS ditujukan untuk pengguna tunggal saja dan tidak bisa digunakan untuk operasi jaringan.

Mungkin hal-hal seperti itulah yang membuat DOS semakin ditinggalkan. Tapi sampai saat ini, saya sendiri tetap membutuhkan DOS untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk konfigurasi system pada Windows atau sekedar oprek PC biar nambah ilmu aja.

Sumber

System Operasi DOS Responses