Bekerja dengan menggunakan komputer ternyata dapat membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan mata kita. Bagi Anda yang menggunakan komputer dalam jangka waktu lama, mungkin sering merasakan efek dari radiasi monitor pada komputer, misalnya mata sering terasa kabur, mata berkunang-kunang, kepala agak pusing dan adanya rasa mual bagi pemula. Bagi Anda yang menggunakan komputer untuk pekerjaan sehari-hari dan identik dengan pekerjaan yang memakan waktu lama didepan monitor komputer (pengerjaan skripsi, blogger, web desainer, dsb), berikut beberapa tips untuk menjaga mata dari radiasi monitor komputer.

  • Tempatkan monitor sejajar dengan mata Anda. Jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Usahakan Anda dapat bekerja meggunakan komputer (memandang monitor) dengan nyaman.
  • Gunakan pelindung kaca filter pada kaca monitor, untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.
  • Perhatikan jarak pandang mata kearah monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.
  • Atur pencahayaan monitor sesuai kenyamanan mata Anda. Sebagian besar monitor menyediakan menu untuk mengatur tampilan monitor. Atur menu contrast, brightness, color, dll sampai anda mendapatkan settingan yang pas untuk monitor Anda.
  • Terus-terusan melihat ke arah layar monitor dapat mengakibatkan kepenatan pada otot mata. Usahakan jika Anda bekerja di depan komputer dengan waktu yang lama, atur waktu untuk mengistirahatkan mata Anda. Misal, dalam waktu 1 jam, Anda mengistirahatkan mata Anda selama 5 menit untuk tidak menatap monitor.
  • Anda dapat melakukan penyegaran mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang tanaman hijau (menurut ahli kesehatan mata, warna hijau dapat membuat mata kembali segar).
  • Sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang menandung vitamin A seperti wortel dan tomat.

Sumber

Tips Bekerja di Depan Monitor Komputer Responses